Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Chat dengan saya

Facebook

My Great Web page

Follow My Twitter

Twitter Timeline

Jumat, 12 Agustus 2011

Ubuntu 11.04 telah hadir

Ubuntu 11.04 telah resmi dirilis, 28 April 2011 kemarin. Perubahan paling besar dari Ubuntu 11.04 ini adalah penggunaan desktop Unity. Bagi mereka yang tak terbiasa menggunakan Unity dibutuhkan adaptasi beberapa waktu. Misalnya untuk mencari System. Ternyata System dapat dibuka melalui beberapa cara, antara lain melalui tombol Shutdown di top panel pojok kanan atas.

Dash

Dash merupakan menu Ubuntu (Applications, Places, dan System menu). Ada tiga cara membuka Dash:

Klik ikon Ubuntu dipojok kanan atas untuk membuka menu
1. Klik kiri ikon Ubuntu di top panel pojok kiri atas.

Klik kanan ikon Applications di Launcher

2. Klik kanan ikon Applications di Launcher.
3. Klik kanan ikon Files & Folders di Launcher.

Notification Area Pada Ubuntu 11.04

Dimasa depan Notification Area untuk aplkasi yang sedang berjalan akan dihapus

Notification Area (systray) hanya berfungsi untuk sedikit aplikasi saja seperti Skype, Wine, Java, Mumble dan hp-systray. Dimasa depan systray akan dihapus dan digantikan oleh appindicators.

AppMenu (Global Menu)

Pada Unity menu aplikasi tidak terletak di jendela aplikasi melainkan di top panel dan juga secara default di setting autohide (menghilang otomatis). Untuk memunculkan menu aplikasi ada dua cara:

Menu jendela aplikasi berada di top panel dan menghilang otomatis

1. Mouse (kursor) diarahkan ke top panel.
2. Dengan menekan (menahan) keyboard ALT.

Tidak Suka Unity? Atau Hardware Tidak Mendukung? 


Berpindah desktop melalui Login Screen
Bila tidak suka Unity, mudah saja berpindah ke Gnome klasik (Gnome 2.x). Caranya pada Login Screen pilih opsi Ubuntu Classic.

Tampilan Ubuntu 11.04 menggunakan desktop Ubuntu Classic

Selain itu bila memang hardware komputer kita tidak mendukung, maka kita akan mendapati tampilan desktop menggunakan Ubuntu Classic (Gnome 2.x).

Aplikasi Baru Pada Ubuntu 11.04

Pada Ubuntu 11.04 aplikasi office menggunakan Libre Office, sedang untuk aplikasi music player menggunakan Banshee. Untuk browser menggunakan Firefox 4.0 sedang kernel Linux memakai versi 2.6.38.

Upgrade Ubuntu Melalui Live CD

Upgrade Ubuntu 11.04 melalui Live CD
Sekarang anda dapat melakukan upgrade Ubuntu melalui Live CD.


Tambahan :
 Versi Alpha ketiga dan paling akhir dari sistem operasi Ubuntu 11.04 kini telah hadir dan tersedia untuk tahap pengujian oleh para pengembang Ubuntu di dunia. Bagi yang tak ingin ketinggalan, maka tetap harus up-to-date dengan perubahan terakhir dalam pengembangan Ubuntu 11.04 yang ada.
Ubuntu 11.04 Alpha 3 sendiri mencakup kernel Linux 2.6.38 RC6, LibreOffice 3.3.1, Unity 3.6.0, Mozilla Firefox 4.0 Beta 12, Transmission 2,13, Upstart 0.9.0 dan sudah banyak mengalami perbaikan bug. Antarmuka Unity Ubuntu 11.04 Alpha 3 kini telah mengalami banyak peningkatan, termasuk fungsi ukuran dari Dash, kemampuan untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan kategori, dan mengurutkan file berdasarkan folder. Installer pada Ubuntu 11.04 Alpha 3 ini juga telah diperbarui sedikit, dan sekarang memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade instalasi Ubuntu yang ada ke rilis yang terbaru.
Dialog informasi bagi NetworkManager  kini  menunjukkan  informasi  tentang  protocol  IPv6.
Ubuntu 11.04  Alpha 3 membawa dukungan yang lebih baik untuk perangkat  iPhone Apple.
Mozilla Firefox 4.0 Beta 12 yang lebih terintegrasi ke dalam Ubuntu 11.04.
Ada dukungan built-in untuk menginstal perangkat lunak berpemilik, seperti utilitas Pengarsip RAR.
Banshee Media Player telah diganti dengan Rhythmbox dan kini menjadi media player default bagi Ubuntu 11.04.
Paket kernel pada Ubuntu 11.04 Alpha 3 telah diperbarui ke versi 2.6.38-5.32, yang berbasis kernel Linux 2.6.38 RC6. Kernel ini membawa dukungan grafis yang lebih baik untuk para pengguna Intel, Nvidia, dan ATI Radeon, yang berfungsi untuk memperbaiki masalah layar hitam saat booting, dan memperbaiki beberapa masalah resume/suspend.
Sementara itu, Ubuntu Server Cloud 11.04 Alpha 3 membawa cloud-init 0.60, dengan dukungan untuk Resize/pada saat boot pertama, kemampuan untuk menetapkan nama host ketika booting pertama dan dukungan transport (iso) OVF minimal. Gambar-gambar Ubuntu Server Cloud 11.04 Alpha 3 ini tersedia dalam format OVF.
Apa yang baru dalam Kubuntu 11.04 Alpha 3? Yah, seperti yang Anda ketahui dari versi Alpha sebelumnya, Ubuntu 11.04 Alpha 3 masih dibangun di atas lingkungan  KDE Software Compilation 4.6.0. Ubuntu 11.04 Alpha 3 termasuk baru dan mengoperasikan sistem FileSharing Samba (cukup dengan mengklik kanan pada folder apapun, pilih “Properties” dan berbagi dengan jaringan Anda).
Ubuntu 11.04 Alpha 3 juga terdapat beberapa update ke paket system-config-printer-kde, dan System Language Selector terbaru yang memungkinkan para pengguna untuk menginstal, menghapus dan mengelola bahasa dari sistem (terintegrasi ke dalam bagian System Settings -> System Languages) .
Apa yang baru di Ubuntu 11.04 Alpha 3? Ubuntu 11.04 Alpha 3 dibangun di atas  lingkungan desktop Xfce 4,8 yang baru-baru ini dirilis. Default media player di Ubutu 11.04 Alpha 3 kini gMusicBrowser, yang menggantikan Exaile.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat kalian tentang blog aku?